Hidup itu pilihan. Setiap orang pasti harus memilih satu diantara dua.
Kayak gue sekarang, harus milih satu diantara dua.
Yang mana yang harus diprioritasin, yang mana yang gw suka dan bener-bener minat.
Padus atau
J-Shitsu? Les gitar atau les B. Jepang?
Dan sekarang gue udah membuat keputusan. Gue mau tetep mengutamakan
J-Shitsu dan gw akan serius ke Bahasa Jepang.
Gue uda lumayan lama les gitar, kalau dihitung lamanya mungkin uda sekitar 3 tahun lebih.
Babeh gue bilang, ngapain les gitar? Ngga penting dan ga berguna.
Tapi gue sebenernya ga setuju sama pernyataan itu. Sangat tidak setuju.
Kalo gue ga bisa main gitar, gue ga akan kenal sama temen-temen gue sekarang.
Yap, gitar membuka jalan gue yang selalu tertutup jadi terbuka, yaitu pintu dimana tempat gue untuk berinteraksi dengan orang lain dan punya banyak teman.
Kalau gue dulu ngga les gitar, mungkin sekarang gw ga akan kenal sama orang-orang yang gue kenal sekarang. Dan gue ga punya barang yang bisa jadi tempat gw bernyanyi.
Barang yang bisa diajak ngobrol waktu gue sedih, kalau gue curhat dia ga akan memojokkan gue dan ngga sok menasehati seakan-akan dia yang paling benar, tetap setia mendengarkan..
Yah intinya gue ga setuju kalo ilmu gitar gue dibilang ga berguna. Kesannya gue juga ga berguna.
Tapi emang gue nya juga ga berguna sih. Yahahaha~
Gue mah cuma bisa "iya iya"-in aja, biar kaga jadi debat. Males banget.
Terus, les bahasa Jepang. Padahal si babeh sendiri yang nawarin.
Jadi ceritanya gini. Nilai UTS gue kemarin kan jelek banget tuh sejelek muka gw, nah si mameh uda mau mulai ngoceh-ngoceh, tapi babeh yang ambil alih suara.
Babeh gue ngeliat nilai bahasa Jepang gue, terus malah bilang, katanya daripada les gitar mending les bahasa Jepang aja.
Waktu itu gue masih pikir-pikir dulu.
Dan dalam pikiran gue, kalau gue les gitar:
- bisa konser, tapi jarang konser. Ini nih yang menghambat pengalaman gue. Sebenernya ga cuma karena sibuk, tapi juga karena SUSAH MINTA IJINNYA. Siapa yang mau nganter gue ke lokasi? Pergi sendiri aja ga boleh. Yah uda nasib gue jadi anak kecil *yang jawabnya "iya" doang*~
- walaupun uda les 3 tahun, gue GA PUNYA PENGALAMAN yang memadai. Lo bayangin aja, gue uda lolos audisi buat konser tapi ga dikasih. Tapi emang karena mahal juga sih bayarnya.
- bayar les-nya mahal karena grade gue sekarang uda bisa dibilang tinggi.
- skill gitar gue bisa nambah tapi mungkin bakal lama.
Setelah gue baca, kok isinya negatif semua yah? Itu tuh poin pertama yang menghambat, yang bikin kebawah-bawahnya jadi jelek semua. Coba kalau yang atas bagus, bawahnya pasti ikutan bagus.
Terus akhirnya gue coba nyari les bahasa Jepang. Ternyata di daerah deket rumah gue juga ada!
Setelah dicari-cari dan ketemu, gue liat daftar biaya les nya.
Gue shok sendiri, itu agak MAHAL. Apakah babeh gue akan ngasih gue les bahasa Jepang yah?
Kemudian, tadi siang nih abis gue pulang dari J-Shitsu, gw print deh tuh daftar biaya.
Setelah babeh gue liat, katanya malah mendingan gue les bahasa Jepang aja. Tapi babeh tetep mau nyari" dulu tempat les yang lain juga.
Gue pikir, sip laaah, gue bisa les bahasa Jepang nih.
Beberapa menit kemudian, babeh gue balik lagi. Dan beliau bilang daripada les bahasa Jepang lebih baik les bahasa Mandarin.
T____________________________________________________T
Katanya kalau bisa bahasa Mandarin berarti bisa kerja di perusahaan Cina, dan perusahaan Cina lebih banyak daripada perusahaan Jepang. Apalagi Indonesia ada kerjasama lebih sama Cina. DAN BLAH BLAH BLAH. Intinya, peluang untungnya lebih besar.
Dan gue cuma bisa ngangguk-ngangguk sambil bilang "oh" dan "iya-iya" saja.
Tapi perlu lo ketahui. Bisa berbahasa Jepang itu keinginan gue, dan bisa pergi ke Jepang adalah mimpi gue. Gue cuma mau ke Jepang, gue uda tertarik sama bahasanya, kebudayaannya....
Inget yah, ga ada yang bisa ngubah mimpi-mimpi gue. Yang ngatur mimpi dan keinginan gue ya cuma gue. Emang sih belajar bahasa asing tuh seru dan gue suka banget, bahasa Mandarin juga menarik TAPI gue lebih minat ke bahasa Jepang, jadi itu yang gue utamain.
Gue ga ngerti kenapa semua orang tuh nganggep impian gue ga berguna.
Banyak yang bilang ke gue, "Apaan sih, belajar bahasa Jepang tuh ga berguna.", "Belajar gitar buat apa? ga penting banget" dan sebagian mengungkit masa-masa sejarah sambil sedikit mengutuk-ngutuk.
Oke gue diem, sumpah telinga gue tuh uda panas banget. Mereka cuma ga tau manfaatnya dan belum dapet buktinya.
Atau mungkin mereka sendiri yg ga punya mimpi seperti gue, jadi kayak gitu? Hahahaha.
Yang pasti apapun kata orang, gue akan tetap terus berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpi gue. Ini impian gue dan ini pilihan gue, kalo lo ga suka, yaudah diem aja, ga usah banyak komentar. うるさい !
Oke sekian, gue sudah puas ngocehnya, walaupun masih ada yang nyangkut-nyangkut dikit di otak.