Rabu, 06 Oktober 2010

Cara Belajar versi Vinka

Saya punya beberapa cara belajar yang membuat teori nemplok diotak.

1. Dipahami konsepnya, baru dihafalkan.

2. Buka buku, baca dan pahami sambil kerjain soal.

3. Sambil dengerin musik klasik.

4. Sambil main gitar, tapi hati2 jangan sampai logaritma nya jadi not balok wkwk

5. Jungkir balik, jadi makin sehat.

6. Makan, biar otaknya jalan.

7. Tidak melihat orang2 yg membuat otak nge-blank, nanti ga bisa mikir loh.

8. Nyanyi lagu P-Man

ga lucu kan? :)
Saya ga lagi melawak kok, cuma ngejayus.
Hanya mau menulis sesuatu..

Kamis, 16 September 2010

Halo, Apakabar ?

Udah lama ngga posting ke blog ini.
Kalau melihat postingan-postingan sebelumnya, gw jadi keinget Wind of Time. Ngga lanjut-lanjut nih cerita, mau lanjutin tapi ga dapet" inspirasinya.
Entah kenapa sejak liburan kelulusan 3 bulan , inspirasi gw bukannya ngumpul malah pada kabur. Ga asik nih.

Mungkin sekarang urusin otobiografi dulu kali yah, baru jadi 5 halaman dan itu baru sampai masa" SD . Kalo jaman SMP pasti lebih panjang nih belum lagi lampirannya (sebenernya sih ga masalah, secara foto pas gw masi kecil ada beberapa album).

gara" otobiografi ini gw jadi tau pernah ngebolos 40 hari waktu TK.
gw sendiri sebenernya ga tau, emangnya gw pernah ya bolos segitu lamanya?
mungkin kalo keulang lagi tu absen 40 hari bisa langsung di D.O kali ye haha~

Oke tampaknya postingan gw kali ini sangat GG .
Dan gw butuh Mozart untuk mencairkan otak gw.

ottobiografi dulu deh, see ya!

Rabu, 15 September 2010

XA !

HELLO SMAN 77 !
Kalo liat di posting sebelumnya tampang2nya gw minat banget ya ke 21, padahal ternyata kemampuan gw cuma kurang 0,01 buat kesana huahaha.

Awalnya gimana gitu pas ga keterima di 21, tapi pas uda ngeliat 77...
SAYA TIDAK MENYESAL ! HUAHAHAHA
dapet berkah juga gw ketendang dari 21 :D

yah walopun tugas banyak dan TO ga abis2 tapi gw tetap senang dan stress.

Disini gw dapet kelas XA, wuuuh mantep deh nih kelas dari awal MOS sampe sekarang tetep kompak terus ! :thumbup:

disini gw nyasar sendirian, secara ye anak tunas yg keterima di 77 cuma gw -,- dan mungkin gw ada sedikit kesulitan dalam beradaptasi, tapi ga terlalu jd masalah karena gw dapet kelas yg lengkap dan kompak~

komposisi kelas XA, terdiri dari
1. Si peramai kelas kayak Emir, Ardin, Dendy, Auditya (si boy), Syarah .
Kalo ga ada mereka kelas bisa kaya kuburan deh.
2. Si strong Rezky . Kalo bersin pasti ngagetin saking kencengnya, makanya dia dijulukin strong
3. Ahli iptek seperti Bambang dan Kanti . Kalo soal multimedia mereka cukup mahir
4. Si jenius Felicia , dia mengingatkan gw pada Jimmy Neutron . Dijuluki Bu'Ber (Bu Bernadette) setelah mengajar dikelas pada saat jam kosong.
5. Ada juga yg gaul2 kayak Diti, Cishi, Charina , dll .
6. De princess of X.A = Rani !
7. Master gitar = Yodamas, partner gitar gw juga nih haha *eh eh kunci C nyaa wkaka
8. Fans nya artis dan musisi korea --> Dea dan Mirra pasti tau aja gosip2 tentang artis korea huahahaha

Baru 2 minggu belajar X.A uda dijulukin kelas ribut, berisik, ato apalah itu.
Tapi bagi gw X.A tuh kelas terlengkap dan terkompak yg pernah gw masukin.
Hidup X.A ! Yeeeaaah wkwkwk

sekian dulu ya, uda hampir jam 3 pagi , mata tinggal 2watt, butuh tidur hehehe.

Jangan mencuri pagi dariku.
Oyasuminasai !

Minggu, 05 September 2010

If you falling in love :)

if you fly too high, you will feel pain when you're fall
if you singing too much, you will lose your voice
if you love someone who's never care about you ...
you should go away before your heart die :)

Senin, 12 Juli 2010

SMA oh SMA

anda tau ? saya jadi siswa SMAN 77 loh.
he? 77? ga ke 21 ?

ya itu, GW GA KETERIMA DI 21 !
gila padahal beda tipis, yang bontot di 21 nemnya 8,98 .
nem gw kan 8,97.
sumpah nyesek abis. wkkwkwkwwk
tapi gapapalah, walopun 77 jauh , tapi mantep bener sekolahnya :D
:thumbup: deh, ga nyesel juga walopun ga dapet cinemax 21, masih ada es teler 77 (?)
wuakakakakakakkakaakak

Senin, 07 Juni 2010

DEPAPEPE !

beberapa single kesukaan gue dari Depapepe adalah :

1. Start (album : Let's Go!)



2. Summer Parade (album : Summer Parade)



3. Katana (album : Do! )



4. Turkish March (album : Depacla 2)
cuma nemu soundnya aja nih. T.T



5. Sky! Sky! Sky! (album : Sky! Sky! Sky!)



masih ada banyak single yang lain... hahahhhaha
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~``

Rabu, 19 Mei 2010

Gimana cara hafalin lagunya?

Gue lagi bingung..
Kompetisi makin deket tapi lagunya gw masih bingung..
Kata guru gue seh mending bawain lagunya J.S.Bach, ga gitu susah sih. tapi kendalanya adalah..

Gimana cara ngapalin lagunya?

Gw baca dan maenin bolak balik tetep aja masi bingung. ga nyangkut di otak 0.0 wkwkwkwk

Huwaaaah mana tangan kiri gw lagi sakit pula... >> kayaknya kebanyakan barre wkwk

Kalo uda ga sakit hajar ah gan ! :fight: :fight:

sekian ,
:iloveindonesia:

Keadilan?

Ada seorangg gadis kecil yang berkumpul dengan anak2 pemulung seusianya.
suatu hari gadis itu bermain kejar2an dengan teman2nya.
kemudian saat main tidak sengaja ia menyenggol temannya hingga jatuh.
anak itu menangis, teman2nya pun berkumpul lalu ia ditanya

'kenapa kamu menangis?'
lalu anak itu menjawab dengan sesegukan 'dia mendorongku' sambil menunjuk gadis kecil yang tadi tidak sengaja menyenggolnya.
'kok kamu jahat c ma dia?' tanya anak2 lain pada gadis itu. 'aku...'

belum sempat dia menjawab, teman2 gadis itu berkata 'ah kamu main curang.kita ga mau maen lagi sama kamu' kemudian gadis itu ditinggalkan oleh mereka.
sejak saat itu dia selalu bermain sendri.

pesan: jangan pernah langsung menghakimi orang lain, dengarkan KEDUA pihak dan TENTUKAN SECARA ADIL.
dan jangan menyela saat sedang berunding. Berikan hak bicara pada siapapun.
4wad

Oia, tambahan.
Jangan langsung men-judge / menetapkan orang dengan pernyataan dari SATU PIHAK , apalagi jika anda TIDAK BENAR2 MENGENAL orang itu dengan baik.
Ingat, tidak semua yg hitam itu hitam, pasti ada putihnya.
Thx

Kamis, 13 Mei 2010

Bouree , Vals Venezolano No.2

gue juga lagi belajar lagu ini nih . bouree!
kata pak guru ini lagu grade 5 .. mantaplaaaah .
masih kebaca gitu maksud gue. heheheheh

berikut lagunyaa



trus ada satu lagu lagi : Vals Venezolano No.2
lagu nya Antonio Lauro ini sih gue uda lumayan bisa (eaaaaaaaa), tapi bagian dua yang awalnya itu gw masih bingung ketukannya . jadi ga tau kapan selesainya. wkowkwokwo .

berikut lagunyaa :



aha aha . sekian post gue. enjoy !

Jumat, 07 Mei 2010

ALHAMDULILLAH, LULUSS !

Ya Allah aku lulus ! HORAAAAAYYYYYYY !
Alhamdulillah terima kasih ya Allah ..
yang bikin gw seneng ,, nem gw lumayan ,, mencukupi ke SMAN 21 ! yippieeeeee :D :D :D
[jingkrak" jungkir balik]

semoga gw, amy, litha, farhan, fia, vicka vicky, vena dan temen" gw yang daftar ke 21 nanti bakal keterima dan ketemu nanti SMA :P amiiiin !

hmm.......
walopun gw seneng tapi ada satu yang ngeganjel .
rasanya gw ga rela kehilangan sesuatu, tapi gw ga tau itu apa .

skul ? ngga juga yah, justru gw malah pengen banget ninggalin tuh tempat .

temen" ? ha? TEMEN" ?
biasa aja ah . malahan several of them is damn s*** traitor !

trus, seseorang ?
siapa ? ***** ?
UDA ILFIL GW MA DIA ! bocahh wkwokwowkwokwokw

trus apa yah ?
mungkin sahabat" gw yang uda nemenin gw saat ini .. yang mau dengerin kekesalan gw dan tidak melaporkannya apda siapa" , atau tidak membicarakan gw gitu deh :D
huaaaaa i lop u my bestfrenddds XD

trus gw pasti bakal kangen sama guru" yang baik, dan adek" kelas gw yang bikin tahun terakhir ga jadi berkesan banget :))
makasih banyak yah, i won't forget you forever !
kalian sumber inspirasikuu :D :D

Jumat, 30 April 2010

Rameee ~

hoi hoi hoiii !
kembali lagi dengan saya , syifa vinka (halah) wkwkwk
yoyoyo , sesuai judulnya, hari ini emang rame .

jadi tuh, anak" kelas 9 pada ngumpul di skul .
yah, gw ga bisa cerita bagian yang di skul ini, yang pasti ini sangat ..

"RAME"

abis semuanya selesai, gw sama seldaa (my best pren) menuju gadingg ~
gw mau beli novel di gramed, akhirnya kita menuju TKP ..
abis beli 2 novel dan sebuah komik, selda bilang dia haus .

yah secara, gw ga tau tempat" di mall. dia kasi tau tempat eskrim yang katanya enak .
tak lama kemudian kaki kita melangkah kesana .
anda tau ? eskrim doang harganya 25 rebu .
cuma satu cup . etdaaahh tau gitu gw ga mau .. wkwkwk
tapi eskrimnya enak sih [yeeeee wkwkwkw]

kemudian kita lanjut ke fashion hub, mencari kenang"an .
kalo mau kesana, otomatis kita mesti lewat TGA . tapi ternyata, TGA NYA UDA GA ADAAAA !
dan serentak kami berseru, "TIDAAAK !"
secara yah, tempat favorit kita tuh sama >> toko buku, dan kita kehilangan satu tempat . huks huks ~ [lebayy" wkwkwk]

pertama" gw sih mikir gantungan kunci aja, tapi ga ada yang cocok, jadi ditentukanlah => kalung !
kalungnya sama bentuk tapi beda warna,, hehe ..
sip lah yang penting ada kenang"an ..

truss kita beli minum ke farmers, tadinya selda mo beli milkshake tapi ga jadi ..
beli aqua botol dehh ~ hehehhehe
waktu menunjukkan pukul 01.30 siang, dan sambil menunggu jam 2 berjalan kita ngobrol" di foodcourt depan farmers .
lagi enak"nya duduk tiba" ada yang nepuk pundak .
angel ! jiayahahaha adek kelas gw yang satu ini kadang bisa eksis ..
kadang loh wkwkwkwkwkwkkwkw

trus menuju jam 2, kita nunggu dijemput diluar, duduk ditempat yang tersedia deket pintu utama . gw ngobrol" dan ketawa" sama selda, trus ga sengaja ngeliat ke seberang ..
ternyata ada piiiiippppp [males sebut nama] pas ngeliat kita langsung balik badan ..
ga lama kemudian ada temennya nongol dari dalem , gw ngeliat dia kayaknya sama nyokapnya [sotoy amad gw wkwkwkkwkw] trus dia ketemu sama orang diseberang lalu hilang entah kemana ..
eh eh btw bersyukurlah yang liad gw tadi ..
karena gw ke mall adalah pemandangan yang sangat langka .. wkwkwkkw >> lebayyss

karena menunggu diluar sangat panas akhirnya kita masuk lagi ..
trus jalan" bentar dan kita ketemu lindaa, renanda, wong, sama iban .
wew wew tumben nih , punya kawan yang banyak itu baik :)

ga nyampe lima menit selda di sms in nyokapnya dan gw di smsin bokap gw yang uda nunggu diluar .
kemuadian selda dengan setengah melongo [wkwkkw] melepas kepergian gw sambil menunggu nyokapnya yang lagi on de way ..
hehehhehe maap yah selda gw tinggalin sendirian .. TT

sekian perjalanan hari ini ..

OIIIIAAAAH !
kira" cerita disini gapapa kan ? bakal baca ga yah .. wkwkkw ..
jadi gini .. ada seseorang ngajakin gw nonton .. trus gw tolak ..
uda itu aja .. >> singkat, padat, tepat sasaran wkwkwkw
uda kaya poster aja ..

uda ah mo balesin sms monik dlo neh, trus bnerin vals venezolano no 2 . wkwkw ..

Senin, 26 April 2010

SMAN 21 ? Amin !

Pertama2..

SELAMAT YAH BUAD KAKAK2 KELAS 3 SMA/SMK YANG UDA LULUS ! :D
Semoga sukses menghadapi masa depan ..


Bentar lagi pengumuman kelulusan neh..
Tepad na tanggal 7 mei .
Kalo uda ngomongin kelulusan, gw jadi keinget SMA nanti gw bakal sekolah.

Hoho, sudah pasti ......

SMAN 21 dongss !

Mudah2an gw masuk sana..... Amin amin amin !
Soalnya SMAN 21 nerima 80% murid lewat RSBI dan sisanya lewat NEM >> karena 21 uda termasuk 10 besar unggulan se-Jakarta .

Tadinya gw mau coba RSBI tp rapor gw kebanjiran angka 6 .. (jujur neh jujurr)
Jadi mau ga mau ber-hoki"an lewat NUN.
Kalo NUN gw rata2 9 (amiin) berarti aman .. Hehehe

Kalo kata seseorang (gw ga sebut siapa loh , pkoknya ada dhe yg ngomong) dia bilang gini :

"daripada kamu masuk SMA 21 , mending kamu masuk SMA 45 aja ... "

Whatt ??!! Ga salah? Hahaha..
Trus dia lanjutin..

"... Di SMAN 45 kamu bisa lebih berprestasi . Tapi kalo di 21 nanti sainganmu berat2 loh, trus susah dapet PMDK. Kalo di 45 kamu bisa lebih mudah dapet PMDK karna saingannya ga terlalu berat.."

Hayoo yang uda baca, ada ga yg kemakan kata2 ini ?
Wkwkwkwkwk.

Walopun dia ngomong gitu gw tetep mau ke 21 .
PMDK emang mempermudah untuk masuk perguruan tinggi negeri , TAPII ga harus lewat situ juga kan ?
Nanti gimana kalo dapet jurusan yg kita ga suka? Ya percuma laah .
Buang2 energi nantinya (cape deh~)

Berhubung kemungkinan kecil keterima lewat NUN di 21 , berarti gw mesti ada sekolah alternatif ato pilihan ke 2.
Dan pilihan ke 2 gw itu adalah >> SMAN 77 !
Tapi jauuh di jak-pus ....
Nanti gw kesono mo naek apa ? T.T
Mending klo ada baling2 bambu ato pintu kemana saja gitu.. (ngehayal dah)
Wkwkwkwkwk

Yang pasti mesti rajin2 doa ama sholat , moga2 Allah membuka pintu kemudahan buad masuk ke SMA ..
Amin!

Minggu, 25 April 2010

Jalan" ? mending GITAR !

minggu itu mah hari biasa" aja, justru kadang membosankan ..
secara gw tuh jarang keluar rumah ..
disaat temen" yg laen mungkin lagi pada hang out, jalan", ketawa ketiwi..
gw justru duduk sambil ngulik part ato sekedar ol fesbuk di rumah ..
dulu kalo di rumah tampang gw uda ga karu"an deh .. tp sekarang sih gw jadi lebih enjoy di rumah .. dan malah males pas diajak ke mall ..
kyahahahha .. gw uda punya pertimbangan sendiri mengenai hal itu :P

jadi tuh gini ceritanya .. (eheeem eheeem ..)
awalnya ..
waktu gw kelas 7 nih (kembali ke jaman purba, hehehe)
temen" gw banyak yang suka hang out ke mall dan jalan" gitu deh. gw sering diajak mereka jalan . dan saat gw minta ijin ke bonyok, gw sering ga dikasih .
dan selalu begitu sepanjang gw kelas 7 sampai awal kelas 8 ..

selama itu gw ngerasa sendirian , ga ada temen, dilupain ..
pokoknya PARAH BANGET deh ..
gw sakit hati karena beda sendiri ..
trus lama" kadang ngobrol ma temen jadi ga nyambung ..
gw kadang ga ngerti apa yang mereka bicarain ..

sampe akhirnya gw dikasi ijin ama bonyok dengan berbagai batasan ..
dan setelah beberapa kali jalan sama temen", gw ngerasa bosen ..
kenapa ?
1. yang ngajak jalan pada ngobrol sendiri, dan gw ga ngerti yang mereka obrolin .
2. gw terlalu pemalu , yang lain pada foto tapi gw ga mau difoto .. sampe dipaksapun gw tetep ga mau .. sampe mereka pada gregetan blahblahblah :P
3. kayaknya banyak yang ga suka kehadiran gw. (bisa dibata neh gw karna nulis ini wkwk)
4. gw ga tau jalan di mall (jujur neh KYAHAHAHAHA !)
dan sejak saat itu gw mikir ..

ngapain aja di mall ? jalan" .
apa yang bisa didapet dari kegiatan itu ?
cuci mata ato refreshing ?
ga juga, malah yang ada otak jadi tambah mumet karena .............. mall sangat ramai (hayoo mikir apa barusan .. wkwkwk)
dan baru tadi gw ke central park (yang disamping TA)
gw ngerasa ga cocok sama tempat itu .. mungkin karena rame ..
sementara gw suka tempat yang tenang .. kaya di balkon hotel di bandung hehehehehe ..

trus ke mall juga yang ada buang duit .. emang duit bisa metik dari pohon yee ..
wkwkwkwkkwkw

dipikir" daripada jalan" ga jelas gitu mending di rumah aja ngulik" lagu sampe puasss ...
dan gw mengisi liburan kali ini 40% waktunya dengan maen gitar tangan gw kapalan + pegel".. kyahahahhaa
stidaknya gw jadi bisa memainkan lagu" yang gw belum bisa ..
daripada jalan" ga jelas, emang kita bisa dapet pengetahuan ?
hahahhahaha

gw bner" bersyukur punya ortu yang baek banget,
walau awalnya agak menyiksa tapi itu buad kebaikan gw juga, dengan begitu gw bisa manfaatin waktu dengan baik .
dan supaya gw bahagia kelak nanti di masa depan . ( Amiin )
Thx mom & dad, i love u so much .. :D

sekarang coba cavatina lagi ah, asli ni lagu bikin tangan sama otak gw klenger ..
tapi keren kalo uda bisa ... >.<
semangat .. seperti kata pak imam ..
PASTI BISA ! :D

Sabtu, 24 April 2010

Cavatina

ini neh instrumen gitar yang mantapss abis ..
lagu yang merupakan soundtrack film "Hunter Deer" ini berjudul Cavatina .
gw lagi belajar ni lagu, baru dapet partnya dari guru gw .. hehhe ..
rada puyeng baca partnya , coz pake tangga nada E ..
kres nya ada 4 .. dan gw jarang baca part dengan 4 kres ..
gw mesti bisa maen ni lagu !

berikut videonyaa ~

Sabtu, 23 Januari 2010

Wind of Time - 31

Bel tanda istirahat selesai berbunyi.
Reta masuk ke kelas dan duduk di tempatnya yang berada dibelakang Sella.
Ia kebingungan melihat Sella yang tampak diam dengan wajah yang setengah bengong.
Sella memang pendiam, namun diamnya kali ini berbeda.
Wajahnya tampak sendu, sepertinya sedang ada masalah.

Tak lama kemudian, Bu Intan masuk ke dalam kelas dan membagikan hasil nilai test matematika dengan cara memanggil murid satu per satu .

“Reta….”, Reta maju ke depan kelas dan menerima kertas ulangan .

“Sella…”, Sella masih terdiam dibangkunya, matanya menerawang jauh .
Bu Intan memanggil nama Sella lagi, namun Sella masih tetap dalam dunianya hingga Reta yang duduk dibelakang mengguncangkan bangkunya.
Sella berdiri secara spontan , “Hah ? Kenapa ?”, serunya .
“Ini hasil test matematika kemarin.”, Bu Intan menunjukkan kertas ulangan.
Sella mengambil kertas tersebut dari tangan Bu Intan , lalu kembali ke tempat duduknya dengan lesu . Reta mengintip nilai ditangan Sella, 50 .
Perasaannya benar . Nampaknya Sella sedang dalam masalah .

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Istirahat kedua, Reta berniat ke perpustakaan .
Siang itu suasana sekolah tampak ramai .
Beberapa anak bermain bola basket dan murid kelas 1 tampak berlari – larian di koridor sekolah .

Ketika Ia membuka pintu , tampak Rifko sedang menulis dibuku daftar kehadiran .
Sesaat Rifko melirik kearah pintu.
Mata mereka bertemu, namun Rifko langsung membuang muka .
Matanya tak berani menatap Reta lebih lama lagi .

Degh…..
Jantung Reta tak beraturan .
Kemudian Reta menutup pintu, membatalkan niatnya membaca buku .

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Esoknya, Reta datang pagi – pagi sekali .
Ia berjalan perlahan hingga tak terdengar suara dentuman sepatu .
Setelah tiba di lantai atas, Ia menghampiri salah satu jendela kelas Mona . mengintip kelas tersebut . Terlihat seorang gadis berambut panjang sedang memasukkan sesuatu kedalam minuman . Jantung Reta berdegup kencang . Gawat ! Seru Reta dalam hati .

Ia berlari menuju lantai bawah untuk mencegat Mona sebelum terlambat .
Tanpa disadari, yang berada dalam kelas melihat keluar karena suara yang berisik .
“Anak itu”, gumamnya, “Jangan sampai dia tahu rencana ini ….”

Reta berlari kebawah . Karena tak memperhatikan jalan, Ia menabrak seseorang .
“Eh, ma……..af….”, Reta setengah melongo menatap perempuan cantik dihadapannya.
Rambutnya sebahu , wajahnya imut sekali .
Ditambah lagi lesung pipit di senyumnya ….

Karina ………..



~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Jumat, 22 Januari 2010

Wind of Time - 30

Disaat yang bersamaan, Reta bebaring di tempat tidurnya.
“Maksudnya ‘urusan’ apa, sih… Aku sama sekali ga ngerti maksud kak Zaki. Sama sekali ga ada petunjuk. Lalu maksudnya ‘sebentar lagi’ itu apa… Aku ga ngerti sama sekali…”

Seseorang mengetuk jendela kamar Reta.
“Siapa itu ?”, Reta membuka jendelanya. Tercium aroma khas bunga melati.
Ia teringat sesuatu. Langsung ditutupnya pintu jendela dan Ia berlari keluar, mencari pot bunga melati yang Ia tanam.
“Sudah sebulan tak terurus, semoga tidak mati…”, gumam Reta.

Ia menghampiri pot berwarna hitam yang berada di sudut halaman rumah.
“Ini dia………”, Reta setengah bengong. Bunganya bermekaran dan tampak segar, padahal Ia tak mengurusnya karena sibuk dengan pekerjaan sekolah.
“Siapa yang ngurus tanaman ini ?”, Reta menggaruk kepala, bingung.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Pagi terasa begitu dingin, mendung menutupi senyum langit.
Reta mengetatkan jaketnya dan berjalan perlahan di koridor sekolah.
Saat berjalan melewati toilet perempuan, tak sengaja Ia mendengar dua orang sedang berbicara dengan agak berbisik, namun tetap terdengar karena sekolah masih amat sepi.

“Barangnya masih ada , ga ?”, Reta mengenal suara tersebut sebagai suara Ferika.
“Masih, mau pesen berapa ?”, terdengar suara seorang perempuan, namun ia tak mengenal suara tersebut.
“5 bungkus, sekalian suntikan. Berapa harganya ?”

Degh…… Jantung Reta berdegup kencang.
Jangan – jangan.. Ferika membeli barang haram ! Lebih parahnya lagi, transaksi terjadi di sekolah. Entah siapa perempuan satu lagi, yang pasti dia bandarnya, pikir Reta.

“Empat ratus ribu. Tunai ya”
“Gue lagi ga ada duit nih. Nanti gue ajak si Mona deh, temen sekelas gue. Anaknya tajir, pasti bakal cash terus bayarnya.”

Reta terkejut mendengarnya. Ternyata Ferika bukan anak baik – baik.
Mona benar - benar dalam bahaya sekarang.
Ia pun berlari menuju kelasnya sebelum ketahuan menguping pembicaraan mereka.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Bel istirahat berbunyi. Reta berjalan perlahan keluar kelas.
Sejak mendengar percakapan tadi pagi, Ia merasa tak tenang.
Ia tak mau sahabatnya terjerumus.
Walaupun Mona tidak mempercayainya lagi, walaupun Ia sudah ditinggalkan,
Tetapi Ia akan tetap selalu melindungi sahabat – sahabatnya.

Saat melihat Mona dan Ferika berjalan berdua ke toilet, Reta mengikuti diam – diam.
Ia menguping pembicaraan mereka dibalik pintu.

“Eh, saudara gue jualan minuman, nih. Mau coba ga ?”
“Minuman apa, Ka ?”
“Ice lemon tea gitu deh.. Besok gue bawa ya.”
“Oke deh…..”

Reta berlari meninggalkan toilet sebelum ada yang melihatnya.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Wind of Time - 29

Karina nongol lagi di sini….
Dan didepan matanya, Karina gandengan tangan dengan Rifko.
Hatinya terasa pedih, seperti diiris – iris. Lagi – lagi, dan terus terjadi.

“Selesaikan urusanmu, sekarang.”
Reta berbalik. Zaki di belakangnya…
Angin berhembus perlahan, menerbangkan dedaunan yang kering kecoklatan.

“Urusan apa, Kak ? Aku ga ngerti maksud kakak…”
“Urusan dalam kehidupanmu, hal – hal yang akan merubah masa depan orang – orang di sekitarmu…”
“Tapi aku ga ngerti, Kak, bisa jelaskan apa itu ?”
“Tidak bisa. Kau tahu sendiri apa urusan yang aku maksud.…”

Zaki berjalan menuju ke lantai atas dan menghilang begitu cepat.
Sementara Reta semakin kebingungan. Matanya terasa panas.
Entah sampai kapan rasa sakit ini menyelimutinya. Pedih sekali……..

Reta pun berjalan melalui Rifko dan Karina, namun mereka tampak cuek, seakan dirinya tidak ada. Rifko sama sekali tidak menoleh padanya, sibuk ngobrol berduaan dengan Karina.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

“Itu siapa ?”
”Itu temenku.”
“Temenmu yang mana ?”
“Temen satu sekolah, memangnya kenapa ?
“Kok aku ga tau ?”, Karina menatap Rifko begitu dalam, “Kamu suka ya sama dia ?”
“Enggak.”, jawab Rifko singkat, menutupi keterkejutan akan pertanyaan tersebut.
“Kok tadi kelihatannya kamu akrab banget sama dia ?”
“Masa, sih ? Biasa aja tuh.”
“Menurutku ngga biasa.” , Karina terdiam sesaat.

Matanya berusaha menerobos hati Rifko. Tatapannya begitu serius.
“Kamu masih sayang kan sama aku ?”

Rifko terdiam sesaat, berpikir dan berkata, “ Iya, aku masih sayang kamu.”
Karina menggenggam tangan Rifko erat,
“Aku benar – benar sayang sama kamu, jangan tinggalin aku…….”

Karina memeluk Rifko erat., di lorong rumah sakit yang begitu sepi..


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Rifko menatap langit. Gelap, sangat gelap.
Segelap hatinya sekarang.
Percakapannya dengan Karina saat itu yang membuatnya menjauhi Reta.
Sesungguhnya Ia ingin jujur, tapi Ia kasihan pada Karina.
Gadis itu selalu jadi korban para playboy, terlalu bodoh.

Ia sendiri sebenarnya hanya tertarik pada kecantikan Karina, bukan karena sifatnya.
Karina amat manja , agresif, dan posesif. Pertanyaannya tak habis – habis.
Rifko merasa seperti berhadapan dengan anak kecil.

Sangat berbeda dengan Reta. Rifko merasa nyaman berada disampingnya.
Senyumnya berbeda dengan senyum gadis lain, dan binar matanya yang indah…..
Kali ini hatinya tak bisa berbohong.


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~.

Wind of Time - 28

“Selamat pagi, Pak.”
“Selamat pagi, Bu. Silahkan duduk.”

Mama Reta duduk berhadapan dengan dokter yang dulu memeriksa Reta di ruang serba putih itu.
Ia bergegas pergi ke rumah sakit setelah mendapat telepon dari dokter bahwa ada hal yang penting untuk dibicarakan.

Sang dokter mengeluarkan amplop coklat yang berukuran agak besar, berisi hasil pemeriksaan darah dan CT scan Reta.

“Ini hasil pemeriksaan CT scan dan darah Reta. Maaf, saya langsung saja, Reta menderita tumor otak stadium akhir. Ada benjolan sebesar telur di kepalanya dan untuk meghilangkannya harus dilakukan operasi.”

Mama Reta terkejut. Ia tak percaya anak sulungnya itu sakit , padahal Reta terlihat baik – baik saja, walaupun wajahnya tampak agak pucat akhir – akhir ini.

“Sebaiknya Reta dioperasi, sebelum tumor mematikan ini semakin besar dikepalanya.”
“Berapa biayanya , Dok ?”
“Sekitar Rp 50 juta, Bu. Setelah operasi, Reta juga harus mengikuti rehabilitasi untuk pemulihan kondisinya, dan biayanya juga cukup mahal. Operasi ini harus dilakukan secepatnya, kalau anak Ibu tidak segera di operasi, Ia bisa mengalami koma bahkan meninggal…. ”

****

Rifko mendapat tugas untuk menerjemahkan bahasa Inggris. Satu – satunya tempat yang paling nyaman untuk mengerjakan tugas dadakan adalah perpustakaan.
Ia menghampiri rak tempat kamus - kamus berada.
Saat menarik kamus bahasa Inggris, ada sebuah buku tipis yang terselip diantara kamus – kamus tebal tersebut. Buku yang agak lusuh.
Iseng – iseng Rifko membuka buku tersebut dan membacanya.

Buku itu berisi cerita tentang seorang gadis yang mencintai pria yang telah memiliki kekasih.
Ditulis dengan pulpen berwarna hitam, dan tulisannya cukup rapi.
Namun sayangnya cerita tersebut belum selesai.

“Ni buku punya sapa yah, sedih amat ceritanya….”, gumam Rifko dalam hati.

Tak lama kemudian bel tanda istirahat selesai berbunyi.
Ia mengembalikan buku tersebut ke tempatnya dan bergegas ke kelas.

****

Bel akhir pelajaran berbunyi.
“Time to go to home !”, seru Sella.
Ia nampak bersemangat sepanjang hari ini. Reta tak henti tersenyum dibuatnya.

“Eh , Sel, gue pinjem hape dong, mau SMS bokap.”
Sella memberikan HPnya, dan saat HP tersebut di tangan Reta, ada SMS masuk.
SMS dari Johan. Reta mengurungkan niatnya untuk meminjam HP Sella.

“Ada SMS nih, Sell..”, Reta mengembalikan HP Sella.
“Ga jadi pake ?”
“Ngga , deh. Makasih ya.”, Reta tersenyum, sebenarnya menahan tawa.

Reta berjalan di koridor dan Ia tertegun. Matanya tak bisa berkedip melihat dua orang sedang berpegangan tangan…….


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Wind of Time - 27

Esoknya, Reta sudah bangun pagi – pagi sekali.
Ia sudah memikirkan dan merencanakan semuanya semalaman, yaitu hal yang akan Ia lakukan pagi ini.
Kalau Ia tidak gesit maka nasi yang seharusnya dikukus akan mencair jadi bubur.

Sesampainya di sekolah, Ia memastikan tidak ada yang melihatnya.
Reta menyelinap ke lantai atas. Bukan ke kelas, tetapi ke toilet perempuan.

Walaupun masih menjinjing tas sekolahnya, Reta tetap menunggu di balik pintu toilet.
Sekitar 20 menit berlalu, akhirnya seseorang lewat di koridor.
Ditariknya tangan orang itu dengan agak kasar.
Hanya cara paksaan ini satu – satunya jalan agar Reta dapat berbicara dengan orang tersebut.

Mona membanting tangan Reta yang mencengkramnya amat keras.
“Mau apa lu narik gue kesini ?!”, nada bicara Mona tampak begitu ketus.
Reta menjadi agak kesal, namun Ia menahan resa kesalnya agar urusan ini selesai.

“Gue mau selesaikan urusan kita sekarang. Kenapa lu begitu ma gue, selalu menghindar dan selalu buang muka ?”
“Memang lu berhak tau ? Kan terserah gue mau sikap gue seperti apa !”
“Iya gue harus tahu ! Karena gue sahabat lu juga, Mon !”
“Sahabat ? Sahabat macam apa lu ? Menusuk orang dari belakang itu bisa disebut sahabat? Munafik !”

Reta tertegun, “Maksud lu ? Memang gue ngapain ? ”
“Sadar, dong, lu tuh suka jelek – jelekkin gue, rendahin gue dan ngata – ngatain gue dibelakang gue. Masa lu ga tau apa yang udah lu perbuat ?”

Reta bingung. Ia tak pernah membicarakan orang, apalagi sahabat – sahabatnya.
Tapi kenapa Mona bisa berkata seperti itu?
Padahal Mona bukan gadis biasa. Kecantikannya sebanding dengan sifatnya.
Apa mungkin karena salah arah pergaulan ?

“Gue ga pernah melakukan hal itu. Gue ga pernah ngatain lu atau siapapun dibelakang orangnya.”,
“Gue ga percaya. Lu pasti bohong.”
Reta menghela nafas, mengatur emosinya agar tidak meledak – ledak.
“Ya sudah kalo ga percaya. Gue ngomong apa adanya dan memang gue ga pernah melakukan hal – hal itu.”

Reta keluar dari toilet dengan rasa kesal yang dipendam.
Entah siapa yang mencuci otak Mona. Ia menjadi berubah drastis.

***

Sepanjang jam pelajaran metematika, Reta terus saja melamun.
Pikirannya melayang – layang , dan jatuh pada teman - temannya.
Mengapa Mona bisa berubah ? Mengapa tutur bicaranya jadi kasar ?
Siapa yang meracuni otaknya ?

Kemudian Rifko, kenapa dia jadi cuek gitu ?
Biasanya dia menyapa, ya minimal tersenyum……..

Reta merasakan kepalanya pusing dan mencoba untuk menahan sakitnya..


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Wind of Time - 26

Reta menoleh kebelakang, “Oh, hai Zaki…”
“Hmm… Kamu mau kemana ?”
“Ke perpustakaan… Memangnya kenapa ?”
“Bisa bicara sebentar ? Aku mau ngomong sesuatu..”

Perpustakaan begitu sepi. Di pojok ruangan, Reta duduk berhadapan dengan Zaki. Raut wajah Zaki tampak sangat serius.
“Jadi begini..... Waktunya sebentar lagi..”
“Waktu ? Waktu apa, kak ?”
“Itu sangat sulit dijelaskan…Yang pasti cuma satu pesanku, selesaikan urusanmu dan lakukan hal yang ingin kamu lakukan segera sebelum terlambat…”

Reta termenung sesaat. Ia sama sekali tidak mengerti apa maksud dari kata – kata Zaki.

“Urusan apa , Kak ? Dan apa yang harus kulakukan ?”
“Cuma kamu yang tahu jawabannya. Bunga sakura hanya mekar di musim semi…”

Reta semakin tidak mengerti. Entah kemana arah pembicaraan sebenarnya.

“Sssstt… Hoi Reta !”, Sella memanggilnya dengan agak berbisik.
“Ada apa, Sel ? Bersinar amat…”,
Sella mengambil tempat duduk yang berada di hadapan Reta.

“Loh, kok…..”, Reta menoleh ke kiri dan kanan.
“Kenapa, Ret ?”
“Hmm… Ngga kenapa – napa…”,
Lagi – lagi dia menghilang, gumam Reta….

“By the way kenapa tuh muka lu bersinar – sinar? Silau tau… Hahhahahaha.. ”
“Mo tauuuuu ajaaaa….”
“Wah jangan – jangan abis mojok sama Johan ya….”
“Ha ? Apa tadi loe bilang ? Ulangi !”,
“Sella abis mojok sama Johan yaaaaaaaaa ?”, Reta menahan tawa.

Ujung - ujungnya satu jitakan mendarat di kepala Reta.
“Aduuuh sakkiiiiiit….”, suara Reta terdengar agak keras.
“Reta ! Sella ! Kalau bercanda diluar saja ! Ini perpustakaan !”, kak Elina nampak agak kesal karena ada suara ribut sementara Ia sedang serius baca Koran..

Bel tanda berakhir istirahat pun berbunyi. Reta dan Sella pun kembali ke kelas, tentunya setelah meminta maaf pada Kak Elina.

Malam, pk. 22.00

Reta tidur – tiduran sambil memandang langit – langit kamarnya.
Pikirannya menerobos jauh. Kata – kata Zaki saat di perpustakaan begitu membingungkan.
Ia harus menyelesaikan urusannya dan melakukan hal yang ingin ia lakukan.
Sesuatu yang menyesakkan tiba – tiba datang. Ia merasa ada sesuatu yang membuatnya begitu tertekan akhir – akhir ini. Sesuatu yang harus dituntaskan, seperti ulangan yang di remedial.

“Oh iya !”, Reta bangkit dari tempat tidurnya.
“Aku tahu apa yang harus kulakukan besok. Tak bisa ditunda dan tidak ada siaran ulangnya.”


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~